Delima Ampuh Tangkal Kanker Payudara


BUAH delima atau yang dikenal dengan pomegranate dan produk olahannya bisa membantu mencegah dan memperlambat pertumbuhan beberapa tipe kanker payudara. Ellagitannins yang terkandung di dalamnya mampu menghambat pertumbuhan kanker payudara yang merespon estrogen (estrogen-responsive breast cancer).

"Fitokimia menekan produksi estrogen sehingga mencegah perbanyakan sel-sel kanker dan pertumbuhan tumor yang merespon estrogen," tutur peneliti Shiuan Chen, PhD dari Breast Cancer Research Program di City of Hope, Duarte, California, seperti dikutip situs webmd.

Peneliti menyatakan, ellagitannins pada buah delima bekerja dengan cara menghambat aromatase, enzim kunci yang digunakan tubuh untuk membuat estrogen dan berperan penting dalam pertumbuhan kanker payudara.

"Kami terkejut," ujar Chen."Sebelumnya kami telah menemukan buah lain seperti anggur yang bisa menghambat aromatase. Tapi fitokimia pada buah delima dan anggur berbeda."

Peneliti menyatakan bahwa buah delima baru-baru ini telah diagung-agungkan karena potensinya dalam melawan kanker dan menjaga kesehatan jantung. Tapi studi ini, terang peneliti, merupakan studi pertama yang melihat efek buah delima terhadap aromatase dan pertumbuhan kanker.

Peneliti menyatakan masih diperlukan studi lanjutan untuk menentukan apakah makan atau minum produk berbahan dasar buah delima mempunyai efek yang sama terhadap manusia. Tapi temuan ini sangat menjanjikan.

No comments:

Post a Comment